IDEN
Direktur Pendidikan dan Riset KNEKS Raih Top 50 Tokoh Berpengaruh Dunia
21 February 2020

Dubai, KNEKS – Direktur Pendidikan dan Riset Keuangan Syariah KNEKS Sutan Emir Hidayat meraih penghargaan sebagai Top 50 tokoh berpengaruh dunia dalam bidang ekonomi syariah pada event Islamica500 tahun 2020. Acara penganugerahan ini dilaksanakan di H DUBAI Hotel, Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa (18/2).

Nominasi islamica500 ini terhimpun dari berbagai negara di belahan dunia. Salah satunya Indonesia berhasil mempunyai dua perwakilan yang masuk dalam Top 50 sebagai tokoh berpengaruh dunia dalam bidang ekonomi syariah. Sutan Emir Hidayat sebagai salah satu perwakilan Indonesia yang berhasil meraih penghargaan Top 50 sebagai tokoh berpengaruh dunia dalam bidang ekonomi syariah pada tahun 2020. Emir juga pernah mendapat kesempatan yang sama di tahun 2015. 

“Sejak tahun 2015 sampai sekarang, Alhamdulillah saya mendapat kesempatan masuk ke dalam 500 tokoh berpengaruh dunia menurut Islamica500. Pada tahun ini, saya mendapatkan kesempatan lagi menjadi Top 50, sebelumnya penghargaan ini juga sempat saya terima pada tahun 2015,” ujar Emir. 

Menurut Emir penilaian Islamica500 ini dilihat dari pengaruh dan perubahan signifikan apa yang dilakukan terhadap pengembangan ekonomi syariah.  Salah satu yang dianggap menjadi alasan terpilih menjadi Top 50 adalah mungkin selama dirinya di KNEKS banyak networking yang terjalin, baik lingkup nasional maupun internasional untuk pengembangan ekonomi syariah Indonesia. 

“Mungkin aktivitas-aktivitas selama saya di KNKS yang sekarang menjadi KNEKS juga menjadi salah satu hal yang dapat membuat saya masuk ke dalam Top 50. Selama di KNEKS, kita juga supply data-data terkait ekonomi syariah ke lembaga-lembaga pembuat ranking dan laporan Ekonomi dan Keuangan Syariah sehingga perubahan peringkat Indonesia terjadi signifikan, sebab permasalahan ekonomi syariah Indonesia ini kurang dikenal di luar itu karena keterbatasan data,” jelas Emir.

Emir mengatakan bahwa dirinya senang menulis dalam media internasional dan alhamdulillah juga sering diundang sebagai speaker dalam forum internasional. Sehingga, dirinya dapat dikenal baik oleh publik di kancah internasional.  Dan Emir menganggap hal tersebut juga mungkin menjadi salah satu pertimbangan dalam penilaian Islamica500. Emir merupakan kontributor yang cukup aktif dalam berbagai media internasional seperti IFN, Zawya, Salaam Gateway dan tulisan-tulisannya di jurnal-jurnal ilmiah internasional.

Emir berharap dari tahun ke tahun semoga semakin banyak Warga Negara Indonesia (WNI) yg masuk dalam Top 50 Islamica500. Dengan penghargaan ini dapat semakin memotivasi dirinya untuk berbuat lebih baik dari tahun ke tahun. "Terima kasih kepada Ketua, Wakil Ketua, Anggota, Direksi dan seluruh jajaran KNEKS atas kepercayaan dan kerja samanya selama ini," tutup Emir.

Islamica500 merupakan media informasi independent yang diterbitkan setiap tahun yang mencatat 500 tokoh paling berpengaruh dunia dalam bidang ekonomi syariah. Islamica500 ini bekerja sama dengan media besar internasional seperti Forbes, Dinar Standard, Oxford Business Group, CNBC Arabia dan banyak lagi serta didukung oleh WIEF (World Islamic Economic Forum).


Penulis: Annissa Permata
Redaktur Pelaksana: Achmad Iqbal

Berita Lainnya