IDEN
KNKS-BPJPH Bersinergi Kembangkan SDM di Sektor Industri Halal
13 February 2020

Jakarta, KNKS - Kepala Pusat Pembinaan dan Pengawasan Jaminan Produk Halal (P3JPH) Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) menerima kunjungan Direktur Bidang Pendidikan dan Riset Keuangan Syariah KNKS di Gedung BPJPH, Kementerian Agama, Selasa (11/02).

Dalam kunjungan tersebut, Direktur Pendidikan dan Riset KNKS Sutan Emir Hidayat mengapresiasi peranan BPJPH dalam pengembangan industri halal dan kontribusinya bersama KNKS selama ini. “BPJPH menjadi salah satu partner KNKS dalam pengembangan sertifikasi halal dan harapannya kerjasama seperti ini dapat terus berlanjut”, ujar Emir.

Dalam kesempatan ini, Emir memaparkan program-program strategis yang diinisiasi oleh KNKS dan disinergikan dengan BPJPH. Salah satunya terkait Penyelarasan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) di sektor industri halal. Khususnya di bidang Auditor Halal dan Penyelia Halal.

Kepala P3JPH BPJPH Siti Aminah sangat mendukung inisiasi yang dilakukan oleh KNKS. "SKKNI untuk Auditor Halal sudah rampung akhir Desember tahun lalu. Saya berharap penyusunan SKKNI terkait Penyelia Halal dapat melibatkan KNKS", jelas Siti Aminah.

Dengan adanya kerja sama strategis ini antara KNKS dengan BPJPH, diharapkan dapat mengoptimalkan penyusunan SKKNI untuk Penyelia Halal. Penyusunan akan melibatkan berbagai stakeholders terkait.Diantaranya dengan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker), dan sebagainya.

Dalam pertemuan tersebut juga hadir Khotibul Umam selaku Kepala Bidang Bina Auditor Halal dan Pelaku Usaha dan Jamal selaku Kepala Bidang Standarisasi.

Penulis: Sandika Passadini dan Annissa Permata
Redaktur Pelaksana: Achmad Iqbal

Berita Lainnya