IDEN
Tercepat Dibentuk - Sekolah Pelopor Ekonomi Syariah Provinsi Sumatera Selatan
17 October 2023

Jakarta, KNEKS - Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) berkolaborasi dengan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Sumatera Selatan melakukan kunjungan dinas ke Dinas Pendidikan Sumatera Selatan tanggal 19 Oktober 2023 untuk pengenalan program Ekonomi Syariah di Pendidikan Menengah.  

Dalam pertemuan ini dijelaskan mengenai urgensi literasi ekonomi syariah bagi guru dan peserta didik. Dari Dinas Pendidikan dihadiri oleh Staf dari Bidang SMA dan SMK juga beberapa pengawas sekolah SMA dan SMK.  

Dalam Kajian Diversifikasi Kurikulum dan Rekomendasi Kompetensi Dasar Ekonomi Syariah di Pendidikan Menengah, pengayaan materi dilakukan di mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Mata Pelajaran Pendidikan Ekonomi dan Muatan Lokal. Dalam kunjungan kerja tersebut diperoleh informasi bahwa dalam kurikulum Merdeka, terdapat kurikulum P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila).  

Pertimbangan dari Dinas Pendidikan Sumsel, akan lebih tepat bila penguatan ekonomi syariah diberikan di kegiatan kokurikuler P5 sehingga guru memiliki keleluasaan dalam mengembangan materi ajar tanpa mengganggu rencana ajar yang sudah ada. Sekolah Pelopor Ekonomi Syariah selain tentang pengayaan kurikulum, namun juga katalisator ekosistem syariah di sekolah.   

Tanpa menunggu waktu lama, tepat 1 bulan kemudian terbitlah SK Sekolah Pelopor Ekonomi Syariah provinsi Sumatera Selatan bagi 12 sekolah yang terdiri dari 6 SMA dan 6 SMK untuk mengikuti Workshop Sekolah Pelopor Ekonomi Syariah. Workshop Sekolah Pelopor Ekonomi Syariah dilaksanakan tanggal 17-18 November 2023 di SMA Negeri 1 Palembang yang diikuti total 60 orang guru dan karyawan. Sekolah Pelopor Ekonomi Syariah Sumatera Selatan adalah:  

  1. SMA Negeri 1 Palembang  

  1. SMA Negeri 10 Palembang  

  1. SMA Negeri 3 Prabumulih  

  1. SMA Negeri 1 Indralaya  

  1. SMA Negeri 3 Kayuagung  

  1. SMA Negeri 1 Sembawa  

  1. SMK Negeri 1 Palembang  

  1. SMK Negeri 3 Palembang  

  1. SMK Negeri 8 Palembang  

  1. SMK Negeri 1 Pemulutan  

  1. SMK Negeri 1 Kayuagung  

  1. SMK Negeri 1 Suak Tapeh  

Datang sebagai narasumber tidak hanya dari KNEKS dan KDEKS Sumatera Selatan, namun juga stakeholder seperti BWI, Baznas dan OJK yang siap berkolaborasi dengan sekolah untuk percepatan perkembangan ekonomi syariah. Karena perkembangan ekonomi syariah perlu dilakukan dari hulu ke hilir yang membutuhkan kolaborasi dan koordinasi semua pihak. 

Penulis: Hayati dan Qonita Sabrina 
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya