IDEN
Terbanyak di 2024 - Sulawesi Selatan Menetapkan Sekolah Pelopor Ekonomi Syariah
30 November 2023

Makassar, KNEKS - Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) berkolaborasi dengan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan Literasi Ekonomi Syariah di Pendidikan Menengah dan Penetapan Sekolah Pelopor Ekonomi Syariah Provinsi Sulawesi Selatan pada Senin (27/11) di kota Makassar, Sulawesi Selatan. 

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Kepala Divisi Hukum Pengembangan Ekonomi Syariah Manajemen Eksekutif KNEKS, Dece Kurniadi. Dalam sambutannya, Dece menyampaikan tentang pentingnya literasi ekonomi dan keuangan syariah dari pendidikan menengah untuk menyiapkan SDM yang unggul di industri halal atau sektor ekonomi syariah. Dece juga menyebutkan komitmen Sulawesi Selatan dalam pengembangan ekonomi syariah melalui pembentukan KDEKS dan juga dengan menjadi provinsi dengan jumlah Sekolah Pelopor Ekonomi Syariah terbanyak di Indonesia. 

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan yang dibagi menjadi dua sesi. Pembicara di kedua sesi terdiri atas perwakilan dari KNEKS, Bank Indonesia provinsi Sulawesi Selatan, Kantor Perwakilan Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Sulawesi Selatan, KDEKS provinsi Sulawesi Selatan, dan dosen Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin. Di acara ini juga terdapat pelatihan Training of Trainers (ToT) Sekolah Pelopor Ekonomi Syariah (SPES) yang langsung dibawakan oleh ahli dan praktisi ekonomi syariah di Sulawesi Selatan dari berbagai lembaga. 

Sebagai penutup kegiatan ToT SPES di tahun 2023, Provinsi Sumatera Selatan diikuti oleh jumlah peserta terbanyak, yaitu 120 orang guru dan karyawan. Sejak awal Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan sudah berkomitmen untuk kurikulum ekonomi syariah ini dikenal di seluruh kabupaten kota, maka ditetapkanlah 24 SMA Negeri sebagai perwakilan dari setiap kabupaten kota di Sulawesi Selatan. Sekolah-sekolah tersebut adalah sebagai berikut: 

  1. SMAN 1 Makassar 

  1. SMAN 3 Maros 

  1. SMAN 1 Gowa 

  1. SMAN 3 Takalar 

  1. SMAN 20 Pangkep 

  1. SMAN 1 Barru 

  1. SMAN 1 Bantaeng 

  1. SMAN 2 Jeneponto 

  1. SMAN 8 Bulukumba 

  1. SMAN 2 Selayar 

  1. SMAN 10 Sinjai 

  1. SMAN 2 Sidrap 

  1. SMAN 1 Wajo 

  1. SMAN 5 Soppeng 

  1. SMAN 1 Bone 

  1. SMAN 4 Pare-Pare 

  1. SMAN 11 Pinrang 

  1. SMAN 3 Palopo 

  1. SMAN 1 Luwu 

  1. SMAN 1 Enrekang 

  1. SMAN 1 Tana Toraja 

  1. SMAN 2 Toraja Utara 

  1. SMAN 6 Luwu Timur 

  1. SMAN 5 Luwu Utara 

Para stakeholder yang hadir di kegiatan ini juga sangat antusias untuk bertemu dengan calon Sekolah Pelopor Ekonomi Syariah. Hal ini disebabkan mereka sudah memiliki rangkaian-rangkaian program yang siap diimplementasikan di masing-masing sekolah tersebut. 

Harapannya, kegiatan Literasi Ekonomi Syariah di Pendidikan Menengah dan Penetapan Sekolah Pelopor Ekonomi Syariah Provinsi Sulawesi Selatan ini dapat diimplementasikan dengan baik sehingga tidak hanya meningkatkan literasi tapi juga membentuk ekosistem ekonomi syariah di sekolah. 

Penulis: Hayati dan Qonita Sabrina 
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya