IDEN
Penjajakan Sinergi antara KNEKS dan WSU Australia
14 September 2023

Jakarta, KNEKS - Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) menerima kunjungan kerja dari Western Sydney University (WSU) pada Kamis (7/9) di Gedung Djuanda II Kementerian Keuangan. Kunjungan ini diterima oleh Sutan Emir Hidayat selaku Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah KNEKS. Adapun Western Sydney University (WSU) diwakili oleh Amir Mahmood selaku Dean of Business School, Western Sydney University. 

Dalam diskusinya, Amir menyampaikan bahwa visi dan core value dari Western Sydney University (WSU) berfokus kepada riset, edukasi dan pemberdayaan sumber daya manusia untuk pembangunan dan perekonomian berkelanjutan sangat sejalan dengan visi dan nilai Ekonomi dan Keuangan Syariah.  

Indonesia dianggap sebagai salah satu negara terdepan yang memberi perhatian besar untuk edukasi, peningkatan literasi dan pembinaan sumber daya manusia untuk berbagai kalangan, mulai dari pelajar, akademisi, pelaku usaha khususnya pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), sampai dengan masyarakat umum untuk mempercepat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.  

Strategi pengembangan ekonomi syariah dengan pendekatan ekosistem yang terintegrasi sektor Ekonomi sektor riil, keuangan komersil dan keuangan sosial syariah dianggap sebagai arah kebijakan yang dapat dijadikan percontohan. 

Pada silaturrahim dan kunjugan kerja ini disepakati berbagai potensi kolaborasi yang dapat diimplementasikan bersama. Sinergi dan kolaborasi yaitu dalam bentuk program riset dan pembinaan komunitas, optimalisasi dana sosial syariah, membina dan menaikkan status mustahik menjadi muzakki, inkubasi dan pemberdayaan UMKM, serta beberapa program lainnya yang berhubungan dengan integrasi sektor keuangan sosial syariah dan komersial untuk pendanaan UMKM. 

Harapan dan tindak lanjut dari kunjungan Western Sydney University kali ini ialah KNEKS dapat berkolaborasi dan bersinergi dengan program-program dari kampus Western Sydney University, khususnya pada area yang telah disepakati. Kolaborasi WSU dan KNEKS juga semakin kuat dengan kehadiran Kampus Perintis WSU di Indonesia, tepatnya di Pakuwon Center, Surabaya.  

Sebagai informasi, Western Sydney University (WSU) merupakan universitas yang termasuk 2% Universitas terbaik di dunia. Dua tahun berturut-turut, 2022 dan 2023, WSU dianugerahi penghargaan sebagai Universitas Nomor #1 dunia untuk dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan oleh Times Higher Education (THE) University Impact Ranking.  

Selain dikenal dengan kontribusi aktif WSU untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals-SDGs), WSU juga dikenal dengan harmoni dan keberagaman mahasiswanya. Kampus ini membina banyak Mahasiswa pribumi Australia dari Suku Aborigin, serta kurang lebih 60% dari mahasiswa adalah Mahasiswa asing termasuk Refugees dari berbagai negara konflik. 

Penulis: Nadiah Hidayati, Adelina Zuleika 
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya