IDEN
WIES 2023 Sukses Diselenggarakan Perdana di Kota Padang
13 September 2023

Padang, KNEKS - Penyelenggaraan World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023 di kota Padang, Sumatera Barat telah berlangsung sukses. Pembukaan acara di hotel Pangeran Beach Padang pada Rabu (6/9) turut dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah dan ditutup oleh kehadiran Wakil Presiden RI KH Ma’aruf Amin serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Menurut Mahyeldi, acara WIES bukan sekedar pertemuan bisnis biasa, namun ajang kolaborasi untuk memperkuat kerjasama dengan pemerintah, pelaku industri dan masyarakat dalam mengembangkan pariwisata halal dan Muslim Friendly Tourism.

Ketua Panitia acara, sekaligus ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Provinsi Sumatera Barat, Sari Lenggogeni mengatakan acara ini berhasil menyedot atensi baik masyarakat lokal maupun internasional. Acara yang menghadirkan 24 delegasi luar negeri ini juga diklaim panitia telah mencapai transaksi lebih dari Rp 50 miliar selama tiga hari, meskipun sebelumnya Sari sempat khawatir akan kepastian kehadiran delegasi dan para tamu undangan high-level terkait keamanan dan kenyamanan di lokasi acara.

“Tidak cuma itu, dalam gelaran WIES 2023 ini, panitia mencatat ada sekitar Rp50 miliar transaksi yang terjadi dalam kerja sama yang terbangun antara delegasi dengan pengusaha UMKM yang ada di Sumbar,” tutur Sari.

Kehadiran Wapres Ma’aruf Amin setelah mengukuhkan KDEKS di Provinsi Aceh, disambut meriah oleh para tamu undangan. Dalam pidatonya Ma’aruf menyampaikan pesan bahwa WIES merupakan momentum yang tepat untuk pembentukan wirausaha berkarakter dalam upaya mendorong pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Wirausaha yang berkarakter, sekaligus jeli melihat peluang dan gigih mengatasi tantangan, akan menggerakkan pembangunan ekonomi yang inklusif, adil, dan berkelanjutan,” katanya.

Pada sesi Conference WIES, Direktur Industri Produk Halal KNEKS, Afdhal Aliasar turut hadir bersama dengan para narasumber dari negara lain, diantaranya Muhammad Escudero Uribe selaku CEO Estandar Global the Certification Halal Spain, Ramlan Osman selaku CEO Vietnam Halal Centre dan Mohammed Khair selaku Executive Chairman and Principal Consultant of SuChi Singapore. Dalam diskusi ini Afdhal membahas terkait jaminan produk halal Indonesia untuk mendorong ekonomi syariah yang bermanfaat secara global.

“Sumatera Barat dengan kultur Minangkabau yang tersebar di seluruh dunia akan membawa semangat turut membangun ekonomi syariah dan bermanfaat tidak hanya di negeri sendiri tapi di dunia internasioanl untuk kemaslahatan umat,” pungkas Afdhal.

Saat gala dinner pada penutupan acara, Menparekraf Sandiaga Uno menyerahkan hak kekayaan intelektual (HKI) WIES kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Wakil Gubernur Sumatra Barat, Audy Joinaldy dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatra Barat, Luhur Budianda. Ia mengatakan HKI dari WIES telah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM ini untuk menjaga eksklusifitas pelaksaan event di Ranah Minang.

“Dengan ini menghibahkan hak kekayaan intelektual kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat seiring komitmen Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, maka selamanya WIES ini akan diselenggarakan di Padang,” ujarnya menutup acara.

Penulis: Marini Sayuti
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya