IDEN
KNEKS dalam Kegiatan DIKLATPIM UIN Ar-Raniry
21 September 2023

Banda Aceh, KNEKS - Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) bersama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melalui Pusat Kerohanian dan Moderasi Beragama (PKMB) menggelar Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa (DIKLATPIM) Tahun 2023. Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 (tiga) hari tanggal 13-15 September 2023 bertempat di Ruang Rektorat UIN Ar-Raniry Banda Aceh. 

Pelatihan yang diperuntukkan untuk mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh tersebut dibuka secara resmi oleh Mujiburrahman selaku Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan dihadiri oleh Sutan Emir Hidayat selaku Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah dan Saifuddin A. Rasyid MLIS selaku Kepala PKMB UIN Ar-Raniry Banda Aceh.  

Dalam arahannya Mujiburrahman mengatakan bahwa kemampuan kepemimpinan menjadi keniscayaan yang harus dimiliki. Tongkat estafet kepemimpinan sekarang ini berada ditangan para generasi muda, termasuk mahasiswa. Mahasiswa memegang andil besar terhadap kemajuan dan keberlangsungan Negara. 

Pada kesempatan tersebut, Mujib juga menyinggung bahwa memiliki prestasi akademik saja tidak cukup, mahasiswa harus memiliki karakter. 

"Pintar saja tidak cukup, mahasiswa harus punya karakter. Karena karakter sebagai inti yang harus dimiliki oleh mahasiswa dan menempati urutan pertama dalam semua aspek kehidupan yang ada pada mahasiswa melebihi kapasitas akademiknya," ungkap Rektor di hadapan mahasiswa yang terpilih mengikuti DIKLATPIM tahun 2023, Rabu (13/9). 

Sebelumnya, Saifuddin A. Rasyid MLIS selaku Kepala PKMB UIN Ar-Raniry Banda Aceh  menjelaskan bahwa DIKLATPIM ini diikuti sebanyak 50 orang perwakilan mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang telah melewati proses seleksi dan dinyatakan lolos untuk mengikuti Diklatpim mahasiswa pelopor moderasi beragama UIN Ar-Raniry Banda Aceh tahun 2023. 

Pada kesempatan tersebut Emir, selaku narasumber perwakilan dari KNEKS, menyampaikan bahwa mahasiswa harus berani aktif di dalam forum dan belajar kepemimpinan dengan baik untuk bekal di masa setelah lulus kuliah, baik untuk bekerja maupun menjadi entrepreneur. 

Penulis: Nadiah Hidayati 
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya