IDEN
KNKS Hadiri Acara “Ngobrol Santai Wisata Halal” di Sumatera Barat
31 May 2019

Padang, KNKS – Dinas Pariwisata dan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan diskusi yang bertajuk ‘Ngobrol Santai Wisata Halal’ bertempat di Aula Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Barat pada Jumat 24 Mei 2019. Acara diskusi ini menghadirkan berbagai pembicara yang paham akan perkembangan wisata halal baik global maupun nasional, diantaranya yaitu R. Wisnu Rahtomo dari Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal Kemenpar RI dan Wahyu Purnama A. selaku Kepala Perwakilan bank Indonesia Sumatera Barat.

Ketua GenPI Sumatera Barat, Aries Purnama, menjelaskan diskusi santai ini diadakan untuk membahas pengembangan wisata halal di daerah Sumatera Barat dalam rangka menggerakkan perekonomian masyarakat,” Ujar Ketua GenPI Sumbar, Aries Purnama.

Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) yang diwakili oleh Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal, Afdhal Aliasar, beserta Analis Kebijakannya, Yopi Nursali turut hadir sebagai narasumber di acara tersebut. “Untuk merealisasikan strategi pengembangan pariwisata halal di Sumatera Barat dapat dimulai dengan pilot project di wilayah tertentu untuk kemudian dapat dijadikan acuan bagi pembangunan di wilayah lainnya,” jelas Afdhal.

Diskusi yang dipandu oleh Sari Lenggogeni, Ketua Pusat Studi Pariwisata dan Kebudayaan Universitas Andalas, juga membahas pentingnya sertifikasi halal yang menjadi cerminan kualitas produk yang lebih terjamin bagi wisatawan, yang pada akhirnya akan mendorong para pelaku industri di Sumatera Barat dalam memperbesar cakupan target konsumennya, baik lokal maupun luar negeri.

Adapun dalam ruang diskusi tersebut diungkapkan pula pentingnya pembangunan infrastruktur dan fasilitas yang dapat menunjang kenyamanan wisatawan di Sumatera Barat.

Penulis : Khairana Izzati
Redaktur Pelaksana : Achmad Iqbal

Berita Lainnya