IDEN
KNKS Kunjungi Sumatera Barat, Dorong Pusat Pariwisata Halal
31 May 2019

Padang, KNKS – KNKS diwakili oleh Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal, Afdhal Aliasar, beserta Analis Kebijakan Divisi Pengembangan Industri Halal ditemui langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, dan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah. Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) melakukan kunjungan ke Provinsi Sumatera Barat pada Jumat 24 Mei 2019. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka penyampaian inisiatif KNKS untuk menjadikan Sumatera Barat sebagai daerah pertama program pengembangan ekonomi syariah khususnya sektor pariwisata halal di Indonesia.

Afdhal menjelaskan dengan telah disahkannya Peraturan Pemerintah tentang Jaminan Produk Halal (PP JPH) perlu ditanggapi secara cepat oleh pemerintahan di daerah-daerah. Sumatera Barat memiliki potensi besar untuk pengembangan industri halal namun masih perlu pengelolaan yang lebih kuat.

Lebih jauh Afdhal mengungkapkan, berdasarkan Undang-Undang, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) merupakan pihak yang akan melakukan sertifikasi halal yang hingga saat ini belum memiliki jangkauan sampai ke daerah di luar Jakarta. Oleh karena itu, KNKS mendorong kerjasama yang kuat antara BPJPH dengan LPPOM MUI dan pemerintah setempat.

“Nantinya, LPPOM MUI sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) yang terbesar saat ini perlu didukung oleh LPH-LPH lainnya. Diharapkan LPH-LPH lain di tingkat daerah bisa hadir dan dioptimalkan fungsinya, salah satunya melalui keterlibatan perguruan tinggi. Perguruan tinggi maupun organisasi masyarakat bisa mendirikan Halal Center untuk kemudian menjadi pendamping para UMKM dalam mendapatkan sertifikasi halal,’’ ujar Afdhal.  

Dalam kesempatan tersebut, KNKS juga mendorong Sumatera Barat untuk memiliki pusat showcase produk-produk halal yang dikemas secara terstruktur dan berkualitas.

“Showcase produk-produk halal unggulan ini bisa berbentuk Mall Pariwisata Halal.  Jadi, mall ini bisa menjadi destinasi utama para wisatawan yang datang ke Sumatera Barat nantinya”, pungkas Afdhal.

Penulis : Khairana Izzati
Redaktur Pelaksana : Achmad Iqbal

Berita Lainnya