IDEN
IsDB Anugerahkan Indonesia USD 465,000 untuk Dukung Program Women Entrepreneurs
01 November 2023

Jakarta, KNEKS - Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian Keuangan, dan Asian Development Bank (ADB) bekerja sama melaksanakan program The Khadijah Women Entrepreneurs (WE) Code yang diinisiasi oleh Islamic Development Bank (IsDB). Dalam hal ini, Women Entrepreneurs Finance Initiative (We-Fi) milik IsDB menganugerahkan Indonesia dana sebesar USD 465,000 untuk mengimplementasikan program tersebut.

“Khadijah WE Code: Catalyzing Women's Entrepreneurship in Islamic Finance” adalah pilot project dari program WE Finance Code yang bertujuan untuk mendukung sektor keuangan wirausaha wanita. Program ini juga bertujuan untuk mendayagunakan upaya inklusi keuangan Indonesia, khususnya pada keuangan syariah, untuk meningkatkan integrasi kewirausahaan wanita sehingga meningkatkan akses perempuan terhadap keuangan.

Di Indonesia, program ini akan mencakup empat bidang aktivitas utama, yaitu:

  1. Integrasi keuangan syariah ke dalam pembaruan Strategi Nasional Inklusi Keuangan untuk wanita
  2. Integrasi pemberdayaan perempuan ke dalam Masterplan Ekonomi Syariah berikutnya (MEKSI Baru)
  3. Dimasukkannya indeks syariah dalam pengumpulan dan pelaporan data yang disaggregasi berdasarkan jenis kelamin
  4. Pengembangan dan penerbitan produk ekuitas dan keuangan syariah komersial untuk perempuan (SCF Syariah)

Dalam mencapai hal-hal tersebut, sebelumnya KNEKS yang diwakili oleh Direktorat Infrastruktur Ekosistem Syariah bersama dengan IsDB dan ADB telah beberapa kali menyelenggarakan diskusi, baik secara daring maupun luring.

“Harapannya program ini dapat meningkatkan akses pengusaha perempuan terhadap keuangan sehingga menciptakan lingkungan yang menunjang partisipasi wirausaha wanita dalam perekonomian nasional dan global.” Kata Sutan Emir Hidayat, Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah KNEKS.

Hal ini sejalan dengan pernyataan Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan sekaligus Sekretaris KNEKS yang mengungkapkan, “Saya yakin bahwa program ini akan membantu upaya Indonesia dalam mendorong inklusi keuangan serta meningkatkan integrasi UMKM perempuan di sektor keuangan syariah.”

Penulis: Ishmah Qurratu'ain
Redaktur Pelaksana: Inza Putra

Berita Lainnya