IDEN
Courtesy Visit KNEKS ke Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Istanbul
11 October 2023

Turkiye, KNEKS - Pada kunjungan kerja Manajemen Eksekutif Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syraiah (ME KNEKS) ke Turkiye, Sutan Emir Hidayat, Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah, melakukan Courtesy Visit ke Konsulat Jendral Republik Indonesia di Istanbul, Turkiye Selasa (10/10). Emir disambut oleh Darianto Harsono, Konsulat Jenderal Istanbul yang didampingi Fachry Sulaiman, Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler/Minister Counsellor Konsulat Jenderal Istanbul, Turkiye. 

Pada kunjungan tersebut, Emir menyampaikan beberapa perkembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional, serta peran serta KNEKS sebagai Co-Chair pada Sustainability Working Group (SWG), dimana pertemuan ke-9 Working Group ini dilaksanakan di Istanbul, pada 11 Oktober 2023.  

Sustainability Working Group (SWG) diinisiasi oleh General Council for Islamic Banks and Financial Institutions (CIBAFI) yang berkedudukan di Bahrain. Manajemen Eksekutif KNEKS dipercaya sebagai Co-Chair bersama Direktur Islamic Corporation for the Development of the Private Sector, Islamic Development Bank (ICD-IsDB). Adapun Anggota SWG merupakan pemangku kepentingan perwakilan dari berbagai Negara diantaranya Saudi Arabia, Turkiye, Uni Emirat Arab, Qatar, Palestina, Jordania, Kuwait, Malaysia, Maroko, Iraq, Bangladesh, Nigeria dan Tunisia.  

Pertemuan ke-9 SWG ini memiliki pengaruh penting bagi KNEKS dan juga dalam rangka memperkuat posisi negara Indonesia di dunia Internasional. Peran aktif KNEKS sebagai Co-Chair dalam SWG sejalan dengan fungsi KNEKS sebagai koordinator kegiatan ekonomi dan keuangan Syariah di Indonesia. Sebagaimana mandat yang dimuat pada Master Plan Ekonomi dan Keuangan Syariah (MEKSI) 2019-2024, Indonesia memiliki visi menjadi Pusat Ekonomi Syariah Terkemuka di Dunia, dalam hal ini peran aktif Indonesia pada Sustainability Working Group CIBAFI yang berisikan perwakilan dari berbagai negara merupakan salah satu langkah strategis memperkuat peran dan positioning Indonesia di tataran ekonomi syariah global.  

Sustainability Working Group (SWG) dibentuk dalam rangka penyusunan Sustainability Guidelines bagi lembaga keuangan syariah global. Pertemuan ke-9 Sustainability Working Group (SWG) ini membahas lebih lanjut panduan terkait Greenhouse Gas (GHG) Measurement Tool, Sustainability Guide Capacity Building, Mobilizing Islamic Banking for Climate, Capacity Building on Maqasid al-Shariah, dan panduan terkait Shariah-Compliant Products Development pada Lembaga Keuangan Syariah (Islamic Financial Institutions-IFIs). 

Penulis: Adelina Zuleika, Inas Felicia 
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya