IDEN
Keuangan Syariah Menjawab Tantangan Muslim Milenial
18 Juni 2021

Jakarta, KNEKS - KNEKS bekerja sama dengan Perkumpulan Bank Syariah Indonesia (ASBISINDO), Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI), Asosiasi Fintek Syariah Indenesia (AFSI) dan didukung oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) menyelenggarakan Webinar Millenial Muslim Megashifts: Mempercepat Terbentuknya Ekosistem Ekonomi Syariah di Indonesia, Rabu (16/6).  

Indonesia sebagai negara dengan jumlah populasi muslim terbesar di dunia memiliki potensi dalam bonus demografi. “Dari 270 juta jiwa penduduk Indonesia, generasi Z mencapai 27,9% dan milennial 25,87%, artinya lebih dari 50% penduduk Indonesia berada di usia yang sangat produktif,” ujar Ventje Rahardjo, Direktur Eksekutif KNEKS, dalam sambutan kunci yang disampaikan di awal acara.  

Namun, pandemi Covid-19 telah memberikan dampak terhadap bonus demografi tersebut. “Milennial Muslim sedang mengalami perubahan yang besar dalam perilaku terutama akibat terjadinya pandemi Covid-19,” jelas Yuswohady, Managing Partner Inventure. Yuswohady lanjut menjelaskan bahwa aspek perubahan perilaku muslim terangkum dalam lima aspek, diantaranya aspek Spiritual, Safety Security, Screen, Self Expression, dan Social.  

Bonus demografi dan perubahan perilaku muslim milenial dapat menjadi potensi pasar yang besar bagi perkembangan industri keuangan syariah apabila diiringi dengan strategi yang optimal dari pemangku kepentingan. “Dengan adanya teknologi semua berubah, karena semua bisa dilayani melalui digital, bahkan biaya pun bisa ditekan dengan adanya teknologi sehingga berbagai perubahan yang terjadi harus diantisipasi dan harus bisa beradaptasi,” ujar Herwin Bustaman, Sekertaris Jenderal ASBISINDO.  

Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI) turut berkontribusi dengan memanfaatkan berbagai sektor keuangan yang diiringi dengan teknologi pendukung untuk memajukan keuangan syariah. “Teknologi merupakan katalis dalam memberikan akses kepada millennial untuk belajar dan mengeksplorasi,” ujar Ronald Yusuf Wijaya, Ketua Umum AFSI. 

Asuransi syariah juga melakukan kampanye dalam peningkatan lima aspek perubahan muslim milennial. “Dengan meningkatkanya keinginan sosial pada muslim milenial, maka asuransi syariah suatu given, karena asuransi syariah sudah halal dengan nilai yang tolong menolong,” ucap Tatang Nurhidayat, Ketua Umum Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI). Nilai given yang dimiliki asuransi syariah perlu dikampanyekan dengan lebih aktif agar dapat mengoptimalkan muslim milennial megashift

Diperlukan kolaborasi dan sinergi bersama untuk mendorong milenial muslim berperan lebih aktif dalam mempercepat terbentuknya ekosistem ekonomi syariah di Indonesia. KNEKS memfasilitasi melalui pengembangan ekosistem yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan ekonomi dan keuangan syariah.  

Penulis: Achmad Iqbal
Redaktur: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya