IDEN
KNEKS Membangun Ekosistem Bisnis Digital Syariah
05 April 2021

Jakarta, KNEKS - KNEKS mengapresiasi AMSI Challenge yang mempertemukan antara pelaku start-up muslim dengan para investor domestik dan global. "Pertemuan ini merupakan salah satu langkah untuk mendukung pertumbuhan start-up sebagai salah satu bagian dari UMKM kita sebagai tulang punggung ekonomi nasional dalam mewujudkan Indonesia Menuju Pusat Halal Dunia yang telah diluncurkan oleh Wakil Presiden," ujar Putu.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah, Putu Rahwidhiyasa mewakili Direktur Eksekutif KNEKS, dalam sambutan kunci  acara pembukaan "AMSI Challenge: The World's Biggest Muslim Startup Pitch Day Competition", Senin (5/4)

Disadari bersama bahwa dampak pandemi Covid-19 dialami juga oleh UMKM. Pemerintah telah meluncurkan berbagai program bantuan baik melalui subsidi pembiayaan, penangguhan pembayaran cicilan, pembebasan pajak dan kemudahan lainnya.

"KNEKS turut memberikan perhatian kepada UMKM Industri Halal melalui berbagai program strategis," jelas Putu. Diantaranya pembinaan UMK Halal Nasional, IPO & Sukuk, Inkubasi Ekspor, Akselerasi digital dan pusat data. Berbagai program tersebut mendukung bangunan Ekosistem Ekonomi dan Keuangan Syariah. 

KNKES menilai AMSI Challenge merupakan bagian dari ekosistem, karena pertemuan ini membantu mempertemukan investor global, investor institusi dan ritel dengan pelaku usaha start-up teknologi. Dukungan teknologi merupakan infrastruktur pendukung penting dalam mewujudkan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah.

Untuk mempercepat dan memperluas tumbuh-kembang start-up teknologi, KNEKS saat ini menyusun pemetaan ekosistem bisnis digital yang memetakan alur data ekonomi dan keuangan syariah. "Diharapkan akan memudahkan membangun keterhubungan antar pelaku bisnis teknologi," ujar Putu. Misalnya pemetaan ekosistem pembiayaan/pendanaan terintegrasi untuk memastikan keberlanjutan pembiayaan dari mustahik sampai dengan usaha komersial.

KNEKS mengapresiasi kepada Asosiasi Muslim Startup Indonesia (AMSI) yang telah memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan ini. Apresiasi turut disampaikan kepada pelaku Startup Indonesia yang tangguh, kerja keras dan pantang mundur untuk membangun bisnisnya. "Jangan lupa membangun networking antar start-up agar dapat memperkuat melalui berbagai bersinergi," pungkas Putu.

Penulis: Achmad Iqbal
Redaktur Pelaksana: Ishmah Qurratu'ain

Berita Lainnya