IDEN
Jokowi Puji Produk "Fashion" Muslim di Indonesia
15 Mei 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo memuji produk halal asli Indonesia yang dinilai sudah mampu bersaing dengan produk luar negeri. Khususnya produk busana muslim. Hal itu dikatakan Jokowi dalam acara peluncuran masterplan ekonomi syariah di Gedung Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019). "Sekarang sudah banyak yang fokus, misalnya fashion muslim. Saya lihat dari sisi desain itu kelasnya sudah betul-betul kelihatan sekali. Masuk ke kelas menengah atas. Desainnya itu rapi, bagus," ujar Jokowi.

Harga produk tersebut, menurut Jokowi, juga sangat kompetitif sehingga mampu bersaing dengan produk dari luar negeri. Presiden Jokowi berkomitmen memberikan ruang sebesar-besarnya bagi produk halal di Indonesia. "Ini yang perlu kita berikan ruang sehingga bisa memajang market place Indonesia lalu itu dimasukkan ke jaringan market place global," ujar Jokowi. "Saya yakin dan percaya saat kita semua bekerja sama memasarkan market place ekonomi syariah, Indonesia akan menjadi terkemuka di market place global," lanjut dia.

Saat ini, pemerintah telah meluncurkan master plan ekonomi syariah. Sebagai penggerak, pemerintah mengandalkan Komite Nasional Keuangan Syariah yang telah dibentuk bulan Juli 2017. "Saya sudah bentuk manajemen eksekutif Komite Nasional Keuangan Syariah Juli 2017 demi mengawal masterplan ekonomi syariah agar dicek terus. Dengan masterplan ekonomi syariah, kita wujudkan ekosistem, jadi panduan, memonitor progres dan memastikan pencapaiannya," ujar Jokowi.

Penulis : Fabian Januarius Kuwado
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

Sumber : https://nasional.kompas.com/read/2019/05/14/21580261/jokowi-puji-produk-fashion-muslim-di-indonesia

Berita Lainnya