IDEN
Ma'ruf Amin Terima GIFA Advocacy Award
14 September 2020

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin menerima penghargaan Global Islamic Finance Award (GIFA) mewakili Pemerintah Indonesia dan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) yang meraih Advocacy Award.

Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan secara daring dari Marriott Hotel Islamabad, Pakistan, selaku tuan rumah penyelenggaraan GIFA Awards 2020, Senin (14/9).

"Sebagai Ketua Harian KNEKS, saya menerima penghargaan ini atas nama KNEKS dan atas nama Pemerintah Indonesia. Atas nama KNEKS dan Pemerintah Indonesia, saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan GIFA Award Committee atas penghargaan ini," kata Wapres dalam video sambutannya dari Jakarta, Senin.

Penghargaan tersebut menjadi pemicu bagi Indonesia, khususnya KNEKS, dalam mengembangkan kegiatan ekonomi dan keuangan syariah dengan beragam tantangannya saat ini, kata Ma'ruf.

Dengan meraih GIFA Advocacy Award, Ma'ruf berharap Indonesia dapat segera mewujudkan cita-cita menjadi kawasan ekonomi syariah dan industri halal yang dapat dijadikan referensi negara-negara lain.

"Kami menerima ini sebagai sebuah tantangan untuk terus bekerja keras mewujudkan visi Indonesia menjadi global-hub ekonomi syariah dan industri halal dunia," tukasnya.

Indonesia bukan pertama kali menerima GIFA Awards. Pada 2016, Presiden Joko Widodo menerima penghargaan GIFA Leadership Awards serta Ma'ruf Amin selaku Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) menerima GIFA Lifetime Awards.

Tiga tahun kemudian, pada 2019, Indonesia meraih penilaian peringkat pertama sebagai negara yang mengembangkan keuangan syariah.

"Beberapa pelaku ekonomi dan keuangan syariah juga pernah mendapatkan penghargaan, seperti Bank Indonesia, BAZNAS, Bursa Efek Indonesia (IDX), Penerbit SBSN Indonesia dan berbagai lembaga jasa keuangan syariah," kata Ma'ruf.

GIFA Award diberikan setiap tahunnya untuk mendorong kinerja dan kontribusi terhadap pertumbuhan perbankan Islam di dunia, serta membiayai komunitas untuk mempromosikan ekonomi syariah.

Sejak pertama kali diselenggarakan pada 2011, GIFA Awards telah diberikan kepada lebih dari 400 pemerintah, lembaga dan individu yang berkontribusi pada keberlanjutan industri perbankan dan keuangan Islam sebagai sistem ekonomi yang layak dalam struktur keuangan global.

Redaktur : Muhammad Fakhruddin

Berita ini telah dipublikasikan sebelumnya di Republika Online. Berikut link artikel aslinya:
https://republika.co.id/berita/qgn45n327/maruf-amin-terima-gifa-advocacy-award

Berita Lainnya