IDEN
KNEKS Terbitkan Buku Dampak Covid-19 beserta Solusinya dari Perspektif 12 Negara
29 May 2020

Jakarta, KNEKS - Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) bekerjasama dengan Dinar Standard dan Salaam Gateway menerbitkan buku yang berjudul “Impacts of the Covid-19 Outbreak on Islamic Finance in the OIC Countries”.

Buku ini menyajikan informasi mengenai dampak Covid-19 beserta rekomendasi kebijakan sebagai solusi penanganan dari perspektif 12 negara OKI (Bahrain, Bangladesh, Brunei, Indonesia, Iran, Malaysia, Nigeria, Oman, Pakistan, Saudi Arabia, Turkey and United Arab Emirates).

Dalam acara launching buku tersebut, Managing Director Dinar Standard Rafiuddin Sikhoh menyampaikan beberapa data Produk Domestik Bruto (PDB) dari International Monetary Fund World Economic Outlook (WEO). Jum’at (22/5)

Ia menjelaskan bahwa hampir semua negara anggota OKI mengalami penurunan PDB di bulan Januari sampai April 2020, termasuk Turki, Malaysia, dan Oman.

“Dari data pertumbuhan PDB pada tahun 2020, Bangladesh dan Indonesia tetap menjadi negara OKI yang berada di zona hijau. Turki, Malaysia, dan Oman mengalami penurunan yang signifikan,” jelas Rafiuddin.

Selain PDB, Rafiuddin mengutip dari five sukuk dan bond indexes, nilai sukuk mengalami penurunan “terutama di bulan Maret di saat Covid-19 mulai mewabah di negara-negara anggota OKI,” lanjutnya.

Buku yang memiliki tebal 76 halaman ini ditulis oleh berbagai kalangan mulai dari akademisi hingga praktisi di bidang ekonomi dan keuangan syariah di 12 negara OKI. Tidak hanya itu, penulis juga berasal dari umur yang beragam serta gender yang heterogen.

Ventje Rahardjo selaku Direktur Eksekutif KNEKS menyampaikan harapannya atas penerbitan buku "Impacts of the Covid-19 Outbreak on Islamic Finance in the OIC Countries".

"Kami berharap buku ini dapat memberikan beragam perspektif dari masing-masing negara tentang peluang dan tantangan keuangan syariah serta menginspirasi lebih banyak negara anggota OKI dalam mengarungi waktu yang tidak pasti selama pandemi Covid-19 ini sambil tetap menerapkan dan menegakkan ekonomi dan keuangan etis, serta praktik bisnis yang berdasarkan prinsip ekonomi dan keuangan Syariah." tutur Ventje dalam kesempatannya memberikan Opening Remark.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penerbitan buku ini, “harapan saya buku ini bisa menjadi referensi bagi pemerintah serta praktisi ekonomi dan keuangan syariah untuk menyiapkan langkah-langkah strategis dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 ini,” tambahnya.

Buku Impact of the Covid-19 Outbreak on Islamic Finance in The OIC Countries dapat diunduh secara gratis di website www.salaamgateway.com pada menu reports.

Penulis: Aldi, Andika dan Annisa
Redaktur Pelaksana: Achmad Iqbal

Berita Lainnya