IDEN
KNEKS Luncurkan Materi Dakwah Ekonomi dan Keuangan Syariah
05 May 2020

Jakarta, KNEKS - Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) kembali menerbitkan Buku Kumpulan Kuliah Tujuh Menit (Kultum) Ekonomi Syariah pada Ramadhan 1441 H. Buku ini di luncurkan dalam agenda Sharing Session KNEKS yang dilaksanakan melalui daring.

Peluncuran Buku Kumpulan Kultum Ekonomi Syariah Seri 2 dilakukan oleh Ventje Rahardjo (Direktur Eksekutif KNEKS) dan Sutan Emir Hidayat (Direktur Pendidikan dan Riset KNEKS), Senin (4/5).

Ventje mengatakan buku ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya menjadi referensi bagi para penceramah dalam berdakwah tentang ekonomi dan keuangan syariah secara masif. “Peluncuran buku di bulan Ramadan ini merupakan waktu yang tepat. Mudah-mudahan buku ke-2 ini, jadi momentum baru, semangat baru, bagi kita semua membesarkan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia,” jelas Ventje.

Sementara itu, Emir menerangkan buku seri ke-2 ini menghimpun 42 naskah Kultum tentang ekonomi dan keuangan syariah yang ditulis oleh kalangan akademisi, praktisi, maupun asosiasi. Isi dari buku ini memuat tema-tema tentang bekerja sesuai syariah, bisnis, entrepreneurship syariah, gaya hidup islami, keuangan syariah, transaksi yang tidak diperbolehkan, rezeki dan harta halal, serta Zakat, Infaq, Shadaqah dan Wakaf (Ziswaf).

Emir menambahkan, belakangan ini tren bernuansa islami di Indonesia sedang meningkat. Banyaknya minat masyarakat mengikuti kajian islami, tidak hanya secara langsung tapi juga via daring. Namun, selama ini para penceramah atau dai kajian masih belum banyak yang mensosialisasikan atau mengedukasi tentang ekonomi dan keuangan syariah.

 “Sehingga kita perlu bekali para ustadz atau dai dengan ekonomi dan keuangan syariah. Mudah-mudahan dengan Buku Kumpulan Kultum Ekonomi Syariah Seri 2 yang terbit ini menjadi referensi para dai untuk menyebarkan ekonomi dan keuangan syariah,” tutur Emir.

Dosen Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Islamic Village Tangerang Azmi Ismail berharap semoga pengetahuan seputar ekonomi dan keuangan syariah ini dapat tersampaikan ke berbagai lini. “Kelapisan masyarakat, melalui sekolah, kampus, masjid-masjid, semoga itu lebih bermanfaat,” imbuhnya yang juga sebagai salah satu penulis buku kultum.

Begitu juga dengan Direktur sekolah pascasarjana Institut Agama Islam Sahid (INAIS) Bogor Abdurrahman Misno menyampaikan buku kultum yang diterbitkan oleh KNEKS ini menjadi bentuk sosialisasi bagi ekonomi syariah agar bisa membumi. “Buku ini juga memberikan kemudahan kepada para dai, mubaligh, ustadz untuk bisa mensosialisasikan ekonomi syariah. Sehingga ekonomi syariah nantinya akan menjadi satu solusi bagi permasalahan ekonomi (umumnya) yang ada di persada nusantara ini,” harap Misno.

Buku ini tersedia secara gratis di website www.kneks.go.id pada menu ONE DATA CENTER submenu Publikasi. Masyarakat bisa dengan mudah mendapatkannya dan dapat mendistribusikannya secara bebas.

Penulis: Andika, Aldi, Annisa
Redaktur Pelaksana: Iqbal

Berita Lainnya