IDEN
KNKS dan FEB UI Bersama Menguatkan Sinergi Pengembangan Ekonomi Syariah
04 February 2020

Depok, KNKS - Wakil Dekan I Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia (FEB UI) menerima kunjungan Direktur Bidang Pendidikan dan Riset Keuangan Syariah KNKS bertempat di Gedung Dekanat, Depok , Selasa (04/02).

Sutan Emir Hidayat, Direktur Pendidikan dan Riset KNKS, mengapresiasi atas dukungan UI terhadap KNKS secara keseluruhan. “Pada tahun 2019 KNKS dan UI telah menjalankan program strategis penyusunan acuan kurikulum prodi S1 ekonomi syariah yang memberikan manfaat bagi banyak pihak dan diharapkan kedepannya kerja sama seperti ini dapat terus berlanjut”, ujar Emir.

Dalam kesempatan ini KNKS membahas berbagai program khususnya terkait pengembangan pendidikan dan riset ekonomi syariah yang dapat bersinergi dengan UI. Antara lain program penyusunan Grand Desain Kurikulum Ekonomi Syariah, penyelarasan Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sektor ekonomi dan keuangan syariah, dan penyelarasan Kerangka Materi Ekonomi Syariah di jenjang pendidikan dasar dan menengah. Selain itu KNKS juga akan melaksanakan program penyelarasan riset ekonomi syariah sesuai dengan Rencana Induk Riset Nasional (RIRN) dan Prioritas Riset Nasional (PRN), Laporan Perkembangan Ekonomi Syariah, serta Pusat Data Ekonomi dan Keuangan Syariah.

Wakil Dekan 1 FEB UI Teguh Dartanto menanggapi positif dan sangat mendukung atas inisiasi program-program KNKS. "Saya berharap kedepannya akan ada banyak kerja sama antara KNKS dan UI untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM)," ujar Teguh. Teguh Dartanto melanjutkan bahwa UI siap dan bersedia mengadopsi kegiatan kuliah kerja nyata tematik (KKN-T). Buku panduan yang disusun oleh KNKS dapat menjadi pedoman bagi UI melaksanakan KKN-T sebagai bentuk implementasi kebijakan merdeka belajar yakni hak belajar tiga semester di luar program studi.

Dalam pertemuan tersebut turut hadir pula Rahmatina (Kepala Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah), Arief Wibisono (Ketua Departemen Manajemen), Tika Arundina (Ketua Program Studi S1 Ilmu Ekonomi Islam)  dan Kenny Devita (Staf Tenaga Pendidik) . 

Penulis: Atiqoh Nasution dan Annissa Permata
Redaktur Pelaksana: Achmad Iqbal

Berita Lainnya