IDEN
ISEF Implementasikan MEKSI
08 November 2019

Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) akan segara digelar. Perhelatan ini rencananya akan dilaksanakan pada 12-16 November 2019, di Jakarta Convention Center, Jakarta. ISEF ini diselenggarakan oleh Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) dan Bank Indonesia (BI)

Direktur Eksekutif KNKS Ventje Raharjo menyampaikan pelaksanaan ISEF merupakan salah satu implementasi dari Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia (Meksi) 2019-2024.

“Kita memang membutuhkan acara international (ISEF) penerjemahan MEKSI. Ini langsung ditangkap dan diimplementasikan di 2019 lewat ISEF,” jelasnya menegaskan, di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (7/11).

Ventje memaparkan dalam ISEF ini memiliki rangkaian kegiatan yang dinantikan seluruh pelaku ekonomi dan keuangan syariah dalam negeri yang mana hal itu juga akan mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia.

Pada ISEF ini akan mengundang lembaga asing seperti Islamic Development Bank (IDB) untuk mendorong program Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

“Ini bagian dari keinginan pemerintah, KPBU. IDB akan menyampaikan pengalamannya mereka terkait pembiayaan berbasis syariah. Itu akan jadi pembelajaran perkembangan infrastruktur di Indonesia,” ujar Ventje.

Selain itu, dalam salah satu rangkaian acara ISEF, akan ada agenda mengundang gubernur-gubernur. Mengajak para gubernur untuk aktif mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di daerahnya masing-masing. “Kita akan mengundang pemimpin daerah dan akan mempertemukannya dengan mitra potential,” tutupnya.

Penulis: Aldiansyah Nurrahman
Redaktur Pelaksana: Achmad Iqbal

Berita Lainnya