IDEN
KNKS Gandeng UIN Ar-Raniry Tingkatkan Publikasi Ilmiah Ekonomi Syariah se-Aceh
30 October 2019

BANDA ACEH - KNKS, Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) bekolaborasi bersama UIN Ar-Raniry menyelenggarakan  Workshop Publikasi Ilmiah Ekonomi Syariah yang mengusung tema “Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah di Bidang Ekonomi dan Keuangan Syariah bagi Akademik Se-Aceh“, di Hotel Kyriad Muraya, Banda Aceh, Selasa (29/10).

Workshop Publikasi Artikel Ilmiah Ekonomi Syariah ini merupakan salah satu cara KNKS dalam mewujudkan salah dua strategi dasarnya, penguatan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia dan penguatan kapasitas riset dan pengembangan (R&D) di bidang ekonomi syariah. “Kita ingin mewujudkan riset yang mampu mendukung kebijakan-kebijakan” ujar Emir, Direktur Pendidikan dan Riset KNKS.

Banda Aceh sebagai lokasi penyelenggaraan kegiatan ini dipilih karena menjadi salah satu yang termasuk dalam 8 provinsi yang potensial dalam pengembangan ekonomi syariah Indonesia yang tercantum dalam Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia (MEKSI) 2019-2024.

Direktur Pendidikan dan Riset Keuangan Syariah KNKS Dr. Sutan Emir Hidayat, dalam sambutannya menyampaikan bahwa visi dari KNKS adalah menjadikan Indonesia yang mandiri, makmur, dan madani dengan menjadi pusat ekonomi syariah terkemuka dunia. Untuk mencapai visi tersebut dibutuhkan salah satu strategi dasar yaitu peningkatan kapasitas riset dan pengembangan.

Menurut Data Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tahun 2017, bahwa dari 10 Negara Organisasi Konferensi Islam (OKI), jumlah publikasi penelitian secara umum di Indonesia masih jauh tertinggal dari Turki dan Mesir. Tidak hanya itu, untuk jumlah artikel di scopus pun Indonesia masih kalah dibandingkan dengan Iran, Malaysia, Turki, dan Mesir. “Insya Allah publikasi Indonesia akan naik dan salah satu motor penggeraknya di Aceh” ujar Emir.

Terdapat dua agenda pada workshop ini, pertama yakni penyampaian materi oleh Dr. M. Shabri Abd Majid, M. Ec selaku dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universiras Syah Kuala (Unsyiah) yang telah memiliki jurnal scopus dan agenda kedua yaitu sesi pendampingan oleh para akademisi berpengalaman UIN Ar Raniry dan Unsyiah.

Para peserta sangat antusias. Terhitung ada 48 pendaftar yang mengumpulkan paper, lalu dilakukan tahap seleksi sehingga menyisakan 30 paper peserta yang kemudian dapat mengikuti workshop publikasi ilmiah ekonomi syariah bagi akademik se-Aceh.

Peserta yang daftar berasal dari berbagai perguruan tinggi di Daerah Istimewa Aceh. Mulai dari perguruan tinggi negeri, swasta, dari berbagai daerah yang tersebar di Aceh, hingga Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Hukum Lembaga Administrsi Negara (LAN RI).

Acara yang diadakan sehari penuh ini ditutup juga oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Ar Raniry Dr. Zaki Fuad yang sebelumnya juga telah membuka di awal acara. "Workshop publikasi ilmiah ekonomi syariah ini sangat bermanfaat terutama pada sesi pendampingannya, harapannya artikel ilmiah para peserta nantinya dapat segera di submit," jelasnya dalam menutup acara.

Penulis: Annissa Permata dan Luthfi Khansa
Redaktur Pelaksana: Achmad Iqbal

Berita Lainnya